Selasa, 23 Juli 2013

Calon Presiden - PKB Buka Peluang Mahfud-Ali Masykur

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih menjajaki kemungkinan calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. 

Meski begitu, sudah ada beberapa nama yang diwacanakan akan maju lewat partai pimpinan Muhaimin Iskandar tersebut. Ada Rhoma Irama, Mahfud MD, dan Ali Masykur Musa. Menurut Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, figur Rhoma Irama, Mahfud MD, dan Ali Masykur Musa banyak diminati di kalangan masyarakat menengah. Tiga figur tersebut menjadi capres alternatif bagi PKB atas pertimbangan tingginya popularitas yang dimiliki. 

Kendati begitu, modal popularitas saja tidak cukup. Khususnya untuk Rhoma Irama, Muhaimin mengatakan partainya masih akan menguji kapasitas dan kapabilitas penyanyi yang digelari raja dangdut ini. “Rhoma punya popularitas tinggi sambil nanti kita uji di lapangan,” ujar Muhaimin di selasela acara ulang tahun ke-15 PKB di Kantor DPP PKB Jakarta kemarin. Menurut dia, capres PKB baru akan ditentukan setelah pemilu legislatif (pileg) nanti. 

Sejumlah nama yang selama ini kerap dikaitkan dengan PKB masih sebatas aspirasi dan alternatif untuk meramaikan bursa capres. “Kanalternatifnya itu. Semuanya kan boleh saja, tapi kita kan baru akan memutuskan nanti setelah pileg,” kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu. Tasyakuran ulang tahun PKB dihadiri Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faisal Zaini, dan Ketua Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa. 

Selain itu ada perwakilan dari sejumlah partai politik lain seperti Sekjen Partai Hanura Dossy Iskandar Prasetyo, Sekjen Partai Golkar Idrus Marham. Di tempat yang sama, Mahfud MD masih enggan memberikan penjelasan ketika ditanya peluang dirinya maju lewat PKB. Dia justru mengaku telah meminta PKB agar peluang dirinya diusung lewat PKB dibicarakan setelah pileg. 

Mahfud bahkan menyarankan agar PKB mengundang dan menampung figur capres yang muncul. “Kita lihat perkembangan. Pokoknya PKB perlu undang banyak calon dan saya usul agar semua dimunculkan, nanti baru ada forum baku setelah pileg,” kata Mahfud. Menurut dia, sebelum menjabat sebagai ketua MK, dia pernah menjabat sebagai pengurus PKB. Karena itu, Mahfud merasa punya keterikatan dengan partai yang pernah membesarkannya itu.

"KEDEKATAN"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar